3 aspek utama yang pngaruhi semua aspek
perkembangan psikologis remaja scr universal :
1.
Biologis
(timbulnya pubertas)
2.
Kognitif
(lebih banyak kemampuan berfikir yg lebih maju)
3.
Sosial
(transisi ke dalam peran baru dlm masyarakat)
Transisi biologis
·
Pubertas adl
terjadinya perubahan2 dlm penampilan fisik remaja
·
Perlu
adaptasi n stressor bagi remaja
·
Pubertas
membuat remaja merasa menarik
Transisi kognitif
·
Lebih maju
berfikir ttg kemungkinan. Hypothetical situation (meramalkan kejadian yg blm
terjadi)
·
Lbh mampu berfikir
abstrak
·
Lbh sering
berfikir ttg proses berfikir
·
Menjadi
multidimensional (“apa yg terjadi jika…”)
·
Mmungkinkan
remaja melihat sesuatu sbg relatif drpd absolut
Transisi sosial
Lingkungan keluarga,
teman n masyarakat sudah mulai mengembangkan “harapan n tugas2 baru”
Aspek Kepribadian Remaja
Teori : trait n factor
teories, lalu menjadi the big five personality : conscientiousness(ambisius),
Agreeableness (santai sabar), Neoroticm (cenderung sress. Reaktif), Openess
experience (terima ide), Exraversion (suka interaksi dgn org lain)
Kepribadian adl pola perilaku, pikiran, n emosi. Kadang merujuk pd karakter yg
paling unik.
Karakter sifat trait teori:
a.
Sifat
adalah kecenderungan pikiran, perasaan, dan perilaku yg bertahan selama wktu
ttu
b.
Sifat tdk
bisa dilihat dr perilaku 1x nampak krn lebih dipengarui situasi
c.
Sifat
cenderung dinamis
d.
Kualitas
sifaat bertahan lama nampak dlm prilaku2 yg beda2 yg nampak slama rentang wktu
hidup dewasa
e.
Sifat tdk
murni genetis
f.
Sifat
berguna u meramalkan karakteristik umum
SELF ESTEEM REMAJa
yaitu harga diri:
bagaimana individu merasa tentang dirinya
2 bentuk self esteem
1.
Barometric self esteem
adl berapa besar perasaan tentang diri kita sendiri berfluktuasi secara tepat, dri waktu ke waktu
berfluktuasi selama SD ke SMP krn kecemasan self image lih tinggi, perkembangan kognitif
adl berapa besar perasaan tentang diri kita sendiri berfluktuasi secara tepat, dri waktu ke waktu
berfluktuasi selama SD ke SMP krn kecemasan self image lih tinggi, perkembangan kognitif
2.
Baselinr self esteem
adl aspek self image yg relatif stabil dari waktu ke waktu. Faktor pembentuk : status ekonomi, pendidikan ortu, gender all.
adl aspek self image yg relatif stabil dari waktu ke waktu. Faktor pembentuk : status ekonomi, pendidikan ortu, gender all.
Perkembangan Kognitif Remaja
-kematangan penuh pada prefrontal cortex
-perubahan level beberapa jenis neurotransmeter
Teori klsik perkembangan kognitif
remaja
1.
Tori
Piaget
-piaget memandang penting periode ini
-piaget memandang penting periode ini
-tahapan
: formal operasional (mulai 11 thn)
-intinya
menggunakan pemikiran abstrak yg disebut propositional logic : menarik
kesimpulan dari kenyataan yg ada
-tidak
smua remaja n dewasa bisa mencapai tahap ini
2.
Informational
procecimh teory
Perkembangan kognitiv 5 area :
-atensi :fokus pd 1 stimulus, tdk peduli dtimulus lain
-memori : short term memory n working memory
-kecepatan pemrosesan
_kecepatan organisasi
-metakognisi
Perkembangan kognitiv 5 area :
-atensi :fokus pd 1 stimulus, tdk peduli dtimulus lain
-memori : short term memory n working memory
-kecepatan pemrosesan
_kecepatan organisasi
-metakognisi
Perkembangan Moral Remaja
Moral: kesatuan prinsip atau ide yg membantu
individe u membedakan benar dan salah, kemudian bertindak berdasarkan perbedaan
ini, dan merasa bangga bila bertindak benar dan malu jika melanggarnya.
3komponen moral
komponen afektif terdiri dri perasaan, komponen kognitif, komponen prilaku
komponen afektif terdiri dri perasaan, komponen kognitif, komponen prilaku
Afektif
teori freud
kepribadian terdiri dari id. Ego, super ego
moral saat itu berkembang di motivasi id, u mex kenikmatan, min sakit
ego u kemampuan menunda kepuasan
super ego adl suara hati n ego ideal
teori freud
kepribadian terdiri dari id. Ego, super ego
moral saat itu berkembang di motivasi id, u mex kenikmatan, min sakit
ego u kemampuan menunda kepuasan
super ego adl suara hati n ego ideal
perkembangan Moral Stage psikoseksual
laten :6-11
kesabaran n kontrol diri sendiri yg baru
genital (pubertas)
membebaskan diri dari org tua
membebaskan diri dari org tua
kognitif : piaget
menekan moral reasoning-pmikiran yg di tujujan anak ketika memutuskan tindakan benar n salah
1: premoral : sampai 5 tahun
sedikit kesadaran ttg peraturan2 sosial
2. Stage moral realism :5-10
moral tdk bisa dirubah n berdasarkan figur otoritas (hitam-putih)
3. Stage relativisme :10-11 tahun
hukum berdasarkan kejahatan hingga ada fungsi mencegah kejahatan yg sama (abu2)
menekan moral reasoning-pmikiran yg di tujujan anak ketika memutuskan tindakan benar n salah
1: premoral : sampai 5 tahun
sedikit kesadaran ttg peraturan2 sosial
2. Stage moral realism :5-10
moral tdk bisa dirubah n berdasarkan figur otoritas (hitam-putih)
3. Stage relativisme :10-11 tahun
hukum berdasarkan kejahatan hingga ada fungsi mencegah kejahatan yg sama (abu2)
teori Kohlberg
tahap moral
LV1. Preconventional (hitam putih)
LV2. Moralitas konventional (prthatikan keseimbangan, kalo ak baik kmu harusnya baik jg)
Lv3. Postconventional (berani melanggar jika benar)
tahap moral
LV1. Preconventional (hitam putih)
LV2. Moralitas konventional (prthatikan keseimbangan, kalo ak baik kmu harusnya baik jg)
Lv3. Postconventional (berani melanggar jika benar)
komponen Prilaku
teori sosial Bandura
doctrine of specificity: moral affect, moral reasoning n moral behaavior tergantung situasi drpd internalissi prinsip moral
indeks penting dr moralitas adl kemampuan indivudu untuk menahan tekanan u melanggar
teori sosial Bandura
doctrine of specificity: moral affect, moral reasoning n moral behaavior tergantung situasi drpd internalissi prinsip moral
indeks penting dr moralitas adl kemampuan indivudu untuk menahan tekanan u melanggar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar