Kamis, 18 Juli 2013

growing

3 aspek utama yang pngaruhi semua aspek perkembangan psikologis remaja scr universal :
1.       Biologis (timbulnya pubertas)
2.       Kognitif (lebih banyak kemampuan berfikir yg lebih maju)
3.       Sosial (transisi ke dalam peran baru dlm masyarakat)

Transisi biologis
·         Pubertas adl terjadinya perubahan2 dlm penampilan fisik remaja
·         Perlu adaptasi n stressor bagi remaja
·         Pubertas membuat remaja merasa menarik

Transisi kognitif
·         Lebih maju berfikir ttg kemungkinan. Hypothetical situation (meramalkan kejadian yg blm terjadi)
·         Lbh mampu berfikir abstrak
·         Lbh sering berfikir ttg proses berfikir
·         Menjadi multidimensional (“apa yg terjadi jika…”)
·         Mmungkinkan remaja melihat sesuatu sbg relatif drpd absolut

Transisi sosial
Lingkungan keluarga, teman n masyarakat sudah mulai mengembangkan “harapan n tugas2 baru”

Aspek Kepribadian Remaja
Teori : trait n factor teories, lalu menjadi the big five personality : conscientiousness(ambisius), Agreeableness (santai sabar), Neoroticm (cenderung sress. Reaktif), Openess experience (terima ide), Exraversion (suka interaksi dgn org lain)

Kepribadian adl pola perilaku, pikiran, n emosi. Kadang merujuk pd karakter yg paling unik.
Karakter sifat trait teori:
a.       Sifat adalah kecenderungan pikiran, perasaan, dan perilaku yg bertahan selama wktu ttu
b.      Sifat tdk bisa dilihat dr perilaku 1x nampak krn lebih dipengarui situasi
c.       Sifat cenderung dinamis
d.      Kualitas sifaat bertahan lama nampak dlm prilaku2 yg beda2 yg nampak slama rentang wktu hidup dewasa
e.      Sifat tdk murni genetis
f.        Sifat berguna u meramalkan karakteristik umum

SELF ESTEEM REMAJa
yaitu harga diri: bagaimana individu merasa tentang dirinya
2 bentuk self esteem
1.       Barometric self esteem
adl berapa besar perasaan tentang diri kita sendiri berfluktuasi secara tepat, dri waktu ke waktu
berfluktuasi selama SD ke SMP krn kecemasan self image lih tinggi, perkembangan kognitif
2.       Baselinr self esteem
adl aspek self image yg relatif stabil dari waktu ke waktu. Faktor pembentuk : status ekonomi, pendidikan ortu, gender all.

Perkembangan Kognitif Remaja
-kematangan penuh pada prefrontal cortex
-perubahan level beberapa jenis neurotransmeter

Teori klsik perkembangan kognitif remaja
1.       Tori Piaget
-piaget memandang penting  periode ini
-tahapan : formal operasional (mulai 11 thn)
-intinya menggunakan pemikiran abstrak yg disebut propositional logic : menarik kesimpulan dari kenyataan yg ada
-tidak smua remaja n dewasa bisa mencapai tahap ini

2.       Informational procecimh teory
Perkembangan kognitiv 5 area :
-atensi :fokus pd 1 stimulus, tdk peduli dtimulus lain
-memori : short term memory n working memory
-kecepatan pemrosesan
_kecepatan organisasi
-metakognisi

Perkembangan Moral Remaja
Moral: kesatuan prinsip atau ide yg membantu individe u membedakan benar dan salah, kemudian bertindak berdasarkan perbedaan ini, dan merasa bangga bila bertindak benar dan malu jika melanggarnya.
3komponen moral
komponen afektif terdiri dri perasaan, komponen kognitif, komponen prilaku
Afektif
teori freud

kepribadian terdiri dari id. Ego, super ego
moral saat itu berkembang di motivasi id, u mex kenikmatan, min sakit
ego u kemampuan menunda kepuasan
super ego adl suara hati n ego ideal

perkembangan Moral Stage psikoseksual
laten :6-11
kesabaran n kontrol diri sendiri yg baru
genital (pubertas)
membebaskan diri dari org tua

kognitif : piaget
menekan moral reasoning-pmikiran yg di tujujan anak ketika memutuskan tindakan benar n salah
1: premoral : sampai 5 tahun
sedikit kesadaran ttg peraturan2 sosial
2. Stage moral realism :5-10
moral tdk bisa dirubah n berdasarkan figur otoritas (hitam-putih)
3. Stage relativisme :10-11 tahun
hukum berdasarkan kejahatan hingga ada fungsi mencegah kejahatan yg sama (abu2)

teori Kohlberg
tahap moral
LV1. Preconventional (
hitam putih)
LV2. Moralitas konventional (prthatikan keseimbangan, kalo ak baik kmu harusnya baik jg)
Lv3. Postconventional (berani melanggar jika benar)

komponen Prilaku
teori sosial Bandura
doctrine of specificity: moral affect, moral reasoning n moral behaavior tergantung situasi drpd internalissi prinsip moral
indeks penting dr moralitas adl kemampuan indivudu untuk menahan tekanan u melanggar

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar